Friday, October 31, 2014

Future Choice

Setelah gw pikirkan dengan matang, insyaallah gw mantap dengan pilihan gw ini. Pilihan pendamping hidup yang bisa membimbing gw ke jalan yang benar. Akhirnya gw memilih dia untuk menjadi calon suami gw, hehehe..

Diapun memberanikan diri untuk ngobrol-ngobrol dengan ortu gw. Yaa bahasa kerennya mah dia ceritanya lagi ngelamar gw gitu deh, hehe.. Dia punya rencana untuk membawa ortunya main ke rumah gw, dan berkenalan langsung dengan ortu dan keluarga besar gw. Akhirnya keluarlah tanggal pastinya, jeng jeng jeng... 11 Oktober 2014. Mulailah aku sama dia menyusun segudang rencana untuk acara tanggal 11 Oktober 2014 itu.

A. Persiapan Lamaran

Lamaran ini ada yang mengartikan tunangan atau apalah, intinya sih ya si cowok pingin ngelamar si cewek buat jadi istrinya gitu. Lalu perkenalan keluarga, dan ngobrol-ngobrol segala hal. Mulai dari perkenalan semua keluarga besar, menentukan tanggal nikah, bersenda gurau, makan-makan dan berdoa.

Karena gw dan dia supeeer sibuk, jadi kami baru sempat siapin semuanya H-7. Maklum kami LDR-an, gw di Jakut dia di Depok. Itu pun cuma siapin beberapa rencana aja kayak berapa orang keluarga dia yang datang nanti, mau nginap dimana, terus mau kasih seserahan apa aja, beli dimana dan lain-lain.

Sampai pada H-1 persiapan kami baru 30%, hahaha, baru dapat cincin tok. Itu juga belinya udah dari jauh-jauh hari. Ini dia beberapa seserahan yang dia kasih ke gw:

1. Cincin
Emas putih 4,5 gram. Beli di toko mas Puspita kalau ga salah di samping kawasan Cikini Gold Centre. Harganya muraaah banget. Kebetulan harga emas waktu itu juga lagi murah. Tapi serius deh kalau belinya di Cikini itu jauh lebih murah dari toko lain.
Karena cowok ga boleh pakai emas, jadilah untuk cowoknya beli cincin perak. Harganya jauh lebih murah dari bahan paladium. Modelnya samaan sama punya ceweknya, bedanya cincin cewek ada permatanya, yang cowok ga ada.

2. Parcel Buah
Kami beli di toko buah All Fresh. Pilih dulu semua buahnya, baru deh dibikin parcel. Tapi gw ga rekomendasi beli di All Fresh ini, karena harganya jatuhnya jadi lebih mahal. 1 parcel ukuran sedang, harganya kurang lebih 300 ribu tergantung isi buahnya juga sih. Mending beli di pasar atau buah yang dipinggir jalan atau dekat rumah sakit pasti harganya jauh lebih murah. Maklum waktu itu kami terlalu tergesa-gesa, dan pingin buru-buru kelar hihihi..

3. Tart Rainbow Cake
Beli di Breadtalk ukuran 19-20 cm harganya 170ribu. Rasanya enak sih menurut gw dan keluarga gw. Warnanya juga pastel gitu, warna favorit gw, hehehe..

4. Kue Bolu Gulung
Beli di Breadtalk harga 1 gulungan besar 60ribu. Rasanya enak dan cepat habis juga kok ini hihi..

5. Kue Tart Mocca
Beli di Holland Bakery ukuran 19-20 cm harga 150ribu. Ini juga enak kok dan porsinya ga berlebihan.

6. Kue Bolu Vanilla
Beli di toko kue purimas harganya ga sampai 30ribu kok, murah banget dan rasanya jug enak.

7. Kue Cookies Lukis
Beli di instagram @Mycookiepops. Unyu-unyu sih bentuknya. Untuk rasa juga selera lidah ya. Kalau menurut gw sih lumayan enak. Dan dari segi tampilan, cookies lukis ini cocok untuk acara-acara penting kayak lamaran ini. Harganya lumayan murah juga. Cek aja IG nya ^^.

Semua seserahan dari dia murni dibungkus dan dihias oleh kami hahaha niat beneeer.. Daripada susah-susah dan keluar biaya banyak buat beli kotak mending dihias sendiri kotaknya pakai kertas kado dan pita, haha..
Berhubung dari keluarga dia yang datang cuma sedikit, jadi segitu aja seserahan makanan dari dia. Supaya bawanya ga repot juga.

Berikut penampakan seserahannya yang sederhana tapi berkesan:






Nah kalau dari keluarga gw, nyiapin makanan untuk makan siang. Menunya dimasak sendiri oleh ibu gw dibantu beberapa saudara gw, jadi ga usah keluar biaya mahal lagi untuk catering. Dari pihak gw juga kasih makanan ke pihak dia tapi ga banyak sih cuma kue bolu rasa keju, rasa coklat dan parcel buah ukuran kecil. Itupun semuanya sumbangan dari tante gw, hehehe.. Dan alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, semua keluarga gw juga kebagian makanan dari seserahan si dia, hehe..

Tips memilih seserahan makanan untuk lamaran:
1. Tentukan budget untuk membeli makanan. Misal 1 juta.
2. Carilah toko makanan yang memenuhi budget kalian.
3. Jangan beli makanan hanya lihat dari rupanya saja, usahakan beli makanan yang terjamin enak dan yakin akan habis, karena sayang kalau ga kemakan. Makanan kan punya kadaluarsa, itu juga harus diperhatikan.
4. Jangan beli makanan terlalu banyak jika keluarga yang datang hanya sedikit, karena kasihan nanti keluarga cowoknya repot bawanya.

Next..

B. Mencari Gedung + Catering

H+1 pasca lamaran. Udah ribet mesti cari-cari gedung dan catering. Harus gencar kirim email dan telpon beberapa gedung dan catering. Sering-sering pantau forum Weddingku.com. Lihat review-review catering ternama dan profesional. Dan mulailah kegalauan itu muncul. Dan muncullah serentetan nama catering di Jakarta. Dan berdatangan pula saran serta rekomendasi nama catering dari sahabat-sahabat gw yang mau nikah juga. Hmm baiklah gw review satu-satu.

1. Gedung
Berikut rekomendasi nama gedung di sekitaran daerah gw:

- Aula Masjid Baabussalam Gedung Walikota Jakarta Utara. Harga sewa gedung 3.500.000 rupiah belum termasuk charge catering. kKpasitas kurang lebih maksimal 800 orang. Beberapa catering bilang kalau melebihi kapasitas, gedung itu bakalan penuh sumpek banget. Untuk 1000 orang harus pasang tenda diluar. Gw dan calon gw udah sempat DP gedung ini, tapi karena mesti pasang tenda dan gedungnya juga kurang rapi, akhirnya gw memutuskan untuk mencari gedung lain.

- Aula gedung serbaguna Islamic Centre Koja Jakarta Utara. Harga sewa 5.300.000 rupiah. Catering harus pakai catering rekanan. Dan banyak aturannya dari pihak pengelola yang buat gw enggan menggunakan gedung ini, meskipun letaknya cukup terjangkau dengan rumah gw. Peraturannya mengharuskan semua keluarga wajib menggunakan pakaian muslimah. Sedangkan dari keluarga gw ada beberapa yang tidak memakai hijab. Selain itu, harga catering yang benar-benar mengejutkan. beberapa catering rekanan gedung tersebut menawarkan harga diluar budget gw dan calon gw. Rata-rata diatas 100 juta rupiah dengan penawaran yang menurut gw kurang lengkap. Jika memakai catering dari luar dikenakan charge 10 % dari harga gedung + 25 % dari harga cetering. Hahaha..akhirnya gw positif mundur.

- Gor Sunter Jakarta Utara. Tanggal yang gw mau udah penuh juga. Harga sewanya ga terlalu mahal juga, aklau gak salah 5 juta deh, maaf gw lupa, hehehe.. Catering rekanannya oke-oke tuh. Baca di forum weddingku, reviewnya bagus-bagus.

- Gedung Bea Cukai Rawamangun Jakarta Timur. Harga sewa gedung 12 juta. Catering rekanannya juga oke-oke. Tapi sayang tanggal yang gw mau udah full booked.

- Gedung Depsos Salemba Jakarta Pusat. Harga sewa gedung 10 jutaan. Catering rekanannya juga oke-oke. Tapi sayang tanggal yang gw mau udah full booked.

- Gedung Graha Marinir Kwitang Jakarta Pusat. Harga sewa gedung 11 juta. Catering rekanannya juga oke-oke. Tapi sayang tanggal yang gw mau udah full booked.

- Masjid Al Musyawaroh Kelapa Gading Jakarta Utara. Harga sewa 12 juta. Gw dan keluarga gw kurang sreg dengan tempat ini karena pengelolanya baru akan memberikan brosur catering rekanan, setelah kami fix membayar DP untuk penyewaan aula masjid ini. Hmm terdengar pelit sekali ya, masa mau minta brosur aja harus fix DP.

- Klup Kelapa Gading Jakarta Utara, Gedung Marina, Gedung Kirana Two. Ketiga gedung tersebut terletak di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. Harga sewanya sudah cukup membuat kami mundur hehehe. 

Muter-muter ke banyak tempat, telpon-telpon pengelola gedung yang gw mau, rata-rata sudah full booked. Huffh.. susah juga ya cari gedung ternyata. Tips booking gedung benar-benar harus dibooking minimal 1 tahun sebelum acara pernikahan. Waduh gw aja baru lamaran 7 bulan sebelumnya semua gedung yang gw mau udah penuh.

Akhirnya setelah 1 bulan lebih mencari, jatuhlah pada pilihan terakhir. Yap! Gedung Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok (Belakang Sunter Mall) menjadi pilihan terakhir gw dan calon gw. Harga sewa gedung ini 4 juta rupiah. Catering rekanan dikenakan charge sebesar 10 % dari harga catering. Sedangkan catering diluar rekanan dikenakan charge sebesar 20 % dari harga catering. Huffhh akhirnya mau gak mau gw harus cari catering yang harganya benar-benar sesuai sama bugdet gw dan calon gw dan yang pasti review rasa, dekorasi dan keprofesionalismenya bagus-bagus ^^.

2. Catering
Berikut rekomendasi catering dan catering yang pernah gw datangi untuk Test Food ^^

- Paramita Catering
Pertama kali tau dan liat Paramita Catering ini ya di forum weddingku.com. Reviewnya bagus-bagus semua. Mulai dari rasa makanan, dekorasi, marketingnya responsif banget dan lain-lainnya semuanya bagus. Begitu kirim email minta price listnya langsung dibalas sama ownernya yaitu Mbak Shinta. Orangnya baik banget dan ramah. Untuk harganya memang sebenarnya diatas budget gw dan calon gw. Tapi dari cara komunikasinya dia tuh asik banget. Sampai suatu hari gw diundang test food di Gedung Dharmagati. First Impression sewaktu liat dekorasinya, woooww bagus banget, bener-bener contoh dekorasi impian gw. Ini contoh dekorasinya, yang sempat gw foto.








- Perfect Catering
Tesfood gw dan calon gw yang kedua kalinya ya di Perfect Catering ini. Menurut gw, tidak seperti namanya Perfect Catering yang berarti sempurna. Sewaktu datang ke test foodnya, ternyata cuma gw dan calon gw yang ikutan test food pada hari itu. Ownernya yang namanya Mbak Dea sih baik banget. Cuma agak kecewa sih, sewaktu datang kesana agak dicuekin gitu. Terus untuk test foodnya gw dan calon suami gw disuruh gabung sama tamu-tamu kondangan yang dateng. Kecewa sih kayak gak niat banget ngadain test food. Berarti kan ngurangin jatah porsi makanan yang lagi punya hajat. Disuruh antri panjaaaaang banget pas mau ambil makannya. Desek-desekan sama tamu yang pada saat itu kebanyakan ibu-ibu. Eh pas udah ambil piring dan sendok tau2 makanan di buffe nya tinggal nasi doang dan sisa-sisa yang sudah hampir habis. Yaudahlah kecewa banget. Terus nyobain pudding di meja dessertnya eh flanya kurang enak rasanya. Gak tau sih lidah orang kan beda-beda ya, kalau gw sama calon gw sih kurang suka. Dari segi harga, Perfect Catering ini agak masuk lah di budget gw. Tapi dari segi makanan, ya kurang cocok. Udah segitu aja tentang Perfect Catering ini, gak ada fotonya, karena udah hilang hehehe..

-Permata Catering
Dari segi rasa makanan sih enak-enak semua. Dekorasi juga bagus kok. Marketingnya yang namanya Mbak Eni juga baik banget. Dari segi harga juga cocok banget. Cuma untuk masalah menu makanan ini gw agak galau. Karena menunya berdasarkan paket gitu, ga bisa diganti-ganti sesusi keinginan kita. Namanya keluarga pasti pengen menunya diganti sesuai keinginan mereka kan. Tapi Permata Catering ini termasuk salah satu catering nominasi yang bakal gw dan calon gw diskusikan kedepannya hihi.. 

- Amira Catering
Gw dan calon gw memutuskan untuk ikutan test food disini karena rekomendasi dari temennya calon gw. Calon gw pernah kondangan pas cateringnya Amira Catering ini. Katanya sih rasanya enak semua makanannya. Yaudahlah dateng deh kita ke Amira. Sebelumnya udah email-emailan sama marketingnya dan ternyata harganya lumayan cocok sama budget kami. Menu msksnannya pun bisa diganti sesuai pilihan kita. Dan dengan harga segitu bisa dapat menu makanan yang lumayan banyak. Biasanya catering lain cuma bisa kasih 5 sampai 6 gubukan saja. Nah di Amira Catering ini ada 11 gubukan untuk porsi 1000 orang. First impression setah coba makanannya, wah beneran emang enak-enak semua. Lidah gw dan calon gw sama-sama cocok sama makanan Amira Catering ini. Lihat dekorasinya juga bagus-bagus. Marketing dan ownernya juga baik semua. Gimana gak langsung jatuh cinta kan sama catering inu. Waktu itu gw sama Mbak Icha Sebagai marketingnya dan Mbak Ima sebagai ownernya. Langsung deh tuh, gw tanya aja untuk tanggal 10 Mei 2015 kosong gak. Eh alhamdulillah masih kosong. Mbaknya bilang harus cepetan bayar DP sebesar 2 juta kalau mau tag tanggal. Daaan..galau lah gw dan calon pada saat itu..

- Rekomendasi dari temen
Ada banyak catering yang rekomendasi sih, tapi gw cuma mampir ke 4 catering diatas itu karena waktunya semakin mepet. Ingat, semakin banyak kamu ikutan test food, semakin galau kamu memilih catering. So, gw akhiri pencarian catering pada saat itu, berhubung udah masuk awal tahun. Berikut rekomendasi catering berdasarkan internet dsn temen. Ada Puspita Sawargi Catering, Tunas Catering, Nikirani Catering, masih banyak lagi hehehe..

















7 comments:

Unknown said...

Siang, salam knal sy lya.
Say aku jg rencananya mau pakai gor sunter, boleh minta riview berikut cp yg bisa di hub..
Makasih sebelumnya

inetthawedding said...

Hi Capeng,

Lagi galau mikirin pernikahan ya, don't worry. Kami dri INETTHA CATERING & WEDDING SERVICES hadir utk membantu capeng semua.
Paket kami :
* mulai dr 40jtan (ALL IN)
* gubug mulai dr 10rbuan/porsi
* dan byk bonus menarik lainnya.
Tunggu apalagi segera hubungi kami.
Psstt...kalo mau buat acara dirumah harga bisa lbh murah loh 😉
CP :
NETTA 083878872988/08891408412 (whatsapp)
IG @inetthawedding
www.inetthawedding.blogspot.com

Unknown said...

Maaf mau tanya,ada cp untuk paramita catering gak yah

Unknown said...

Terima kasih

Unknown said...

Maaf mau tanya,ada cp untuk paramita catering gak yah

Unknown said...

hallo salam kenal ,,

saya Clara dari Aorora Catering & Wedding Service,apabila teman teman yang berminat ingin mengadakan resepsi di gedung atau di rumah boleh menghubungi saya di 0813-1925-0998, insya allah saya bisa membantu teman teman dalam pencarian paket wedding dengan harga sesuai budget. di tunggu ya chatting nya...

semoga paket pernikahan dari Aorora Catering & Wedding Service dapat menjadi bahan pertimbangan teman teman dalam pencarian paket wedding.
salam,
clara- Aorora Catering & wedding Service

IG : official Aororacatering
Web : www.Aororacatering.co.id
Facebook : Aorora Catering & Wedding Service

farika.hiscorp said...

Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
PAKET SUDAH TERMASUK:
1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
2. Catering
3. Dekorasi All Area
4. Paket Make Up & Busana
5. Dokumentasi
6. Music Entertainment
7. MC Hits Jakarta
8. Wedding Organizer (WO)
9. Wedding Car
10. Wedding Consultant
BONUS PROMO:
Honeymoon BALI 3D2N, MUA by BUBAH ALFIAN, FINE GOLD 5GR, PHOTOBOOTH 2 JAM UNLIMITED DAN MASIH BANYAK LAGI
silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

Post a Comment